Tips Hemat Telepon CS Bank

By Anna - April 28, 2020

*Untuk bank CIMB Niaga dengan provider Telkomsel Simpati

Pernah telepon customer service bank?  Contohnya nomor telepon yang mudah diingat seperti 14041, 150004, dan kawan-kawannya? Call centre atau phone banking -supaya gampang sebut saja cs bank ya-, kadangkala kita terpaksa menelepon ke nomor-nomor ini. Karena suatu hal, misalnya kartu atm tertelan, memblokir kartu karena dompet hilang, atau melaporkan transaksi fraud kartu kredit?

Saya pernah beberapa kali terpaksa harus menelepon CS karena menyetor uang di cash deposit machine tapi tiba-tiba mesinnya error sehingga saldo tidak bertambah padahal uang sudah masuk ke mesin, pernah kartu atm saya hilang secara misterius dan tiba-tiba semua isinya terkuras habis, dan yang paling baru adalah terpaksa memblokir kartu kredit karena ada transaksi fraud. Selain dongkol karena kerugian materi, waktu dan emosi, saya juga sering dibuat kesal karena menelepon CS bank yang nomornya pakai nomor premium call itu tidak menyenangkan karena bertele-tele dan mahal!

Saya mulanya bingung, kenapa nomor cs bank tidak dibuat bebas pulsa saja, toh penelepon kebanyakan pastilah nasabah yang membutuhkan informasi dan bantuan dengan cepat. Selain mahal, untuk bisa berbicara dengan cs pun kesannya dibuat bertele-tele, dipanjang-panjangkan, harus melalui halangan dan rintangan berupa iklan produk bank, himbauan untuk merahasiakan pin (aduhhhh semua orang rasanya juga sudah tahu deh!),  pilihan menu dalam bahasa Indonesia atau Inggris, harus pencet nomer kartu berikut expiry date, tanggal lahir, dan sebagainya. Total waktu yang termakan untuk halang rintang ini bervariasi antara 2-5 menit, padahal tarif premium call itu mahal sekali. Untuk provider Telkomsel Simpati misalnya, tarifnya adalah 900 rupiah per 30 detik. Jika ‘halang rintang’ berlangsung selama 5 menit saja, maka sudah menghabiskan pulsa sebesar 9,000. Perlu dicatat, kadangkala kita harus masuk antrian dulu, tidak langsung bisa dilayani oleh CS. Begitu tersambung dengan CS, ada kalanya harus melakukan pencocokan data terlebih dahulu. Ditanya transaksi terakhir berapa, nama ibu kandung, alamat rumah, tagihan terakhir berapa, bayar dimana, dan lain sebagainya. Begitu tertangani, seringkali CS meminta tambahan waktu 2-5 menit untuk menyiapkan laporan. Tambah jebol deh pulsanya. Kalau sedang sial, setelah bersusah payah dan berhasil ngomong sebentar dengan CS, tak lama panggilan tiba-tiba terputus. Tentu saja prosedur harus diulang lagi dari awal. Arrrrrgggghhh!!!!

Belakangan saya mengetahui bahwa premium call yang mahal ini juga merupakan salah satu strategi bank untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Ah, pantas saja sengaja dibuat bertele-tele, karena semakin lama menelepon, semakin banyak pula penghasilan rupanya. Untungnya, beberapa bank sudah menyediakan layanan CS online yang lumayan membantu, meskipun untuk keperluan vital yang menyangkut data nasabah harus tetap dilakukan melalui premium call mahal ini. Bank yang saya pakai, CIMB Niaga, memiliki cs yang bertugas di Facebook, yang sangat responsif memberikan balasan jika saya bertanya melalui fitur messenger.  Kalau tidak terlalu mendesak, kadang-kadang saya menulis email ke 14041@cimbniaga.co.id. Alternatif lain, bisa pakai video banking di CIMB digital lounge yang disediakan di mal dekat rumah (Mal Bali Galeria). Telepon call centre hanya saya lakukan jika semua opsi di atas sudah tidak memungkinkan. 

Kabar baiknya, ternyata ada cara yang lebih hemat untuk bisa berbicara dengan CS CIMB, yaitu dengan menelepon 021-29978888. Saya lupa mendapatkan nomor ini dari digital lounge atau dari CS premium call, yang saya ingat waktu itu saya komplain karena pulsa saya sudah habis 100ribu tapi tidak juga tersambung ke CS. Mungkin karena kasihan atau gedeg mendengar fakir pulsa seperti saya ini ngomel panjang, saya diberikan nomor telepon alternatif itu. 

Nah, karena nomer tersebut adalah nomor kantor resmi, maka biaya teleponnya jadi lebih murah. Dasar ogah rugi, setelah googling kesana kemari, saya menemukan cara yang lebih murah, yaitu dengan bantuan paket PSTN dari Telkomsel. PSTN itu gampangnya ya pesawat telepon yang pakai kode wilayah, misalnya 021 untuk Jakarta, 0361 untuk wilayah Bali, dan sebagainya. Biayanya 2,500 rupiah, dirubah ke dalam pulsa khusus telepon ke PSTN senilai 20,000 rupiah. Lumayan banget! 

Untuk menikmati low cost call ini, harus registrasi dulu. Ada beberapa cara mudah untuk mengaktifkan  paket ini, yaitu:
1. Melalui telepon, pencet saja *999*96#. Paket akan aktif otomatis setelah anda menerima sms pemberitahuan.
2. Melalui SMS, ketik PSTN lalu kirim ke 8999.
3. Melalui aplikasi telkomsel, beli paketnya melalui menu pembelian. Pilih paket PSTN, dan cek statusnya di menu utama. 
Semudah itu!

Jadi ide menulis tentang trik ini karena hari ini saya melakukan panggilan telepon ke call centre CIMB. Gara-garanya kartu kredit pengganti yang sudah dikirimkan bank nyasar entah kemana, saya mendapatkan notifikasi bahwa kartu sudah saya terima sedangkan realitanya saya belum menerimanya. Durasi panggilan 21 menit dengan dua kali percobaan. Total biaya yang saya keluarkan adalah 2500 dari paket dan 4,000 rupiah dari pulsa utama. Jadi semuanya hanya 6500 rupiah saja. Bandingkan jika saya melakukan panggilan reguler tanpa paket, setidaknya saya memerlukan 37,800 rupiah dengan durasi yang sama. 



Semoga tulisan ini bermanfaat!

Oh ya, bagi yang punya info mengenai nomor alternatif bank lain atau provider lain, bisa saling berbagi di kolom komen ya. Terimakasih! 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar