Money Attitude

By Anna - May 15, 2020

Ada pepatah yang mengatakan, tidak semuanya bisa dibeli dengan uang tapi hampir semuanya memerlukan uang. Memang benar. Berarti, sangat penting memiliki banyak uang? Benarkah demikian?

Belakangan, ramai dibicarakan di sosial media mengenai gaji 80 juta dan 20 juta. Barangkali anda belum pernah mendengar ini sebelumnya, berikut ini detailnya.



Dan ini kisah yang 20 juta:



Bagi sebagian orang, angka 20 juta atau 80 juta mungkin adalah angka yang kecil, tapi bagi kebanyakan orang, uang sebesar itu bisa jadi adalah jumlah pendapatan total dalam setahun, bahkan lebih. 

Sebenarnya, bukan seberapa banyak uang yang kita miliki, namun yang terpenting adalah bagaimana perasaan kita terhadap uang, dan apa arti uang bagi kita. Tanpa money attitude yang bijak, tak peduli seberapa banyak uang yang kita miliki, kita tak akan pernah bisa menikmatinya. 

Ada 4 tipe money attitude yang paling umum:
1. Uang = harga diri
Baginya, uang adalah takaran bagaimana seseorang bisa diterima di masyarakat. Oleh karenanya, ia bersikeras mendapatkan uang atau materi meski kadang-kadang mengaburkan nilai hidupnya. Contoh paling mudah adalah orang-orang yang gemar memamerkan materi di sosial media. Goal yang ingin dicapai adalah terlihat kaya, bukan menjadi kaya. Orang jenis ini menganggap bahwa orang lain akan menghargainya jika ia berkelimpahan materi. 

2. Uang = security
Baginya, uang adalah sumber rasa aman. Orang yang demikian cenderung pelit dan tidak suka mengeluarkan uang karena ia merasa kehilangan. Ia akan sangat  sulit mempercayakan uangnya kepada orang lain karena begitu terikat dengan uang. Orang yang demikian, tidak akan pernah bisa menikmati hidupnya sebanyak apapun uang yang dimilikinya.

3. Uang = kesenangan
Gampangnya, ini adalah tipe pemboros. Berkebalikan dari poin nomor 2, tipe ini tidak sadar berapa uang yang dimilikinya. Begitu terima gaji, ia tak akan sabar untuk segera membelanjakannya. Jika anda termasuk dalam golongan ini, sebaiknya belajarlah menabung. 
Ada satu quote dari  Merry Riana yang menurut saya sangat bagus dijadikan sebagai pedoman, yaitu “jika kita memboroskan uang, artinya kita tidak menghargai proses untuk mendapatkannya. Pada akhirnya, kerja keras dan hasil tidak ada korelasinya.”

4. Uang = kebebasan
Uang memberikan kebebasan akan tetapi ia tidak dikendalikan oleh uang. Orang tipe ini menggunakan uangnya dengan bijak, uang dianggap sebagai alat dan bukan sebagai tujuan. Ia menabung untuk mengantisipasi hari-hari yang sulit, namun juga menikmati kenyamanan yang diberikan. Lagi-lagi ada satu quote dari Merry Riana, “saving up is one way of respecting our future.” Saya setuju, menabung adalah salah satu cara untuk menghargai masa depan kita. 

Pada akhirnya, lagi lagi bukan masalah berapa nominal yang anda miliki, tapi seberapa bijak anda mengelolanya. Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan renungan sambil minum kopi. 

Anda harus mengontrol keuangan anda, atau keuangan anda akan mengontrol anda selamanya. (Dave Ramsay)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar