Merayakan Kemajuan

By Anna - May 19, 2020

Setahun yang lalu saya menggunakan layanan taxi online untuk mengantar putri saya ke playgroup. Biasanya mobil datang dalam sepuluh menit, bahkan seringnya kurang dari itu. Suatu hari, mobil tak juga datang meski saya sudah menunggu 15 menit.
“Bypass macet, Bu. Sabar nggih.” Begitulah isi pesan singkat yang dikirimkan driver ke aplikasi saya. 
“Nggih, Pak. Saya tunggu.” Saya membalas pesan tersebut, meski dalam hati deg-degan juga. Kelas dimulai 30 menit lagi, sedangkan driver masih berjarak sekitar 10 menit dari rumah. Perjalanan menuju playgroup sendiri memakan waktu sekitar 15 menit tanpa macet. 

Sepuluh menit kemudian saya memutuskan untuk mengecek lokasi driver pesanan saya. Aduh, kenapa tidak bergerak, sih? Saya jadi frustasi sendiri. Sudah pasti telat nih. Padahal saya sudah menunggu 25 menit. Saya hendak menulis pesan singkat untuk menanyakan dimana posisinya yang sebenarnya, karena kadang-kadang posisi driver real time tidak sesuai dengan aplikasi karena payahnya jaringan internet. Saya berubah fikiran dan kembali mengecek peta. Masih di posisi yang sama. Saya lalu membesarkan resolusi peta.  Dan baru terlihat rupanya posisi mobil sudah maju meskipun sedikit.

Begitulah, kadang-kadang kita menyerah terlalu cepat karena tidak melihat kemajuan apapun. Kita terlalu fokus melihat target dan tujuan, tapi selalu lupa memperhatikan progress, memperhatikan apa-apa yang sudah kita lalui sejauh ini. Memang, kita mungkin masih belum mencapai apa yang kita cita-citakan, tetapi amatlah penting untuk menyadari bahwa kita telah melakukan banyak hal selama proses pencapaian itu.



Rayakanlah peningkatan-peningkatan atau prestasi kecil anda. Percayalah, meskipun sepertinya tak ada pencapaian apa-apa, anda akan selalu menemukan prestasi dan kemajuan kecil jika mau merubah cara pandang anda terhadap kemajuan. Mendapatkan pengalaman dan ketrampilan, itu adalah kemajuan. Kegagalanpun bisa disebut kemajuan karena sekarang anda tahu cara-cara yang tidak membawa keberhasilan. 

Merayakan keberhasilan bukan berarti anda harus benar-benar melakukan perayaan. Tak perlu mengundang teman dan kerabat, makan besar atau menikmati kue, tapi cukup berdamai dengan diri anda sendiri, apresiasi sekecil apapun kemajuan yang anda buat dan berbanggalah karena telah melakukan suatu kemajuan. 

Oh ya, tulisan-tulisan dalam blog ini adalah salah satu cara saya untuk merayakan keberhasilan kecil saya. Saya sedang belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih positif. Memang belum banyak kemajuan, namun saya berusaha mengingatkan diri saya sendiri bahwa sayapun membuat kemajuan-kemajuan kecil, melalui tulisan ini. 

Alasan mengapa orang menyerah terlalu cepat adalah karena mereka hanya melihat seberapa jauh lagi mereka harus melangkah, dan bukan seberapa jauh mereka telah melangkah. (Unknown)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar