Impress or Impact?

By Anna - June 26, 2020

Siapakah yang menjadi juara dalam Indonesian Idol tahun 2018?
Siapakah yang menjadi pemenang dalam Masterchef Indonesia session pertama?
Siapakah pemenang miss universe tahun 2015?

*Photo credit: Unsplash

Mungkin beberapa dari pertanyaan itu bisa saja dengan lancar anda jawab, namun saya yakin sebagian besar pasti lupa atau bahkan tidak tahu. 

Bagaimana dengan pertanyaan selanjutnya:
Siapakah nama guru yang paling berkesan dalam hidup anda?
Siapakah nama pacar pertama anda?
Siapakah sahabat yang selalu menjadi pendengar yang baik saat anda berkeluh kesah? Saya rasa, sampai kapanpun kita akan selalu mengingat nama-nama mereka.

Juara Indonesian Idol, pemenang Masterchefatau pemenang miss universe adalah orang-orang yang mengesankan namun tidak memberikan dampak yang cukup signifikan dalam kehidupan kita sehari-hari pada umumnya. Pendeknya, they may impress us but not impact us.

Impress menumpuk, sedangkan impact memberi. Prestasi gemilang karena menjadi pemenang memang mengesankan, namun prestasi itu baru bisa memberi dampak jika digunakan untuk menolong orang lain. Demikian pula halnya dengan kekayaan. Jabatan yang bagus memang mengagumkan, tapi baru berdampak jika digunakan untuk memberikan keadilan dan kesejahteraan bagi para bawahannya. 

Impress dari jauh, impact dari dekat. Kita hanya bisa memberi dampak bagi kehidupan seseorang jika kita cukup dekat dengan orang tersebut sehingga bisa mengerti dan membangun hidup mereka.

Impress memiliki, impact menjadi. Ada satu pertanyaan yang dengan mudah bisa membedakan anatara mengesankan dan memberi dampak. Pertanyaan itu adalah, "Apakah orang ingin memiliki apa yang anda miliki, atau orang ingin menjadi seperti anda?


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar