10 Alasan Mengapa Kerja di Hotel itu Keren (Trans)

By Anna - February 24, 2015


Berdasarkan  Trends & Statistics survey tahun 2009 oleh  British Hospitality Association (BHA), sekitar 1,9 juta orang di Inggris bekerja di sektor perhotelan. Bisa jadi, jika anda membaca artikel ini, anda adalah salah satunya. Seperti yang anda tahu, sektor satu ini cukup populer dan mungkin anda juga tahu mengapa banyak orang yang tertarik bekerja di hotel. Ya, jam kerja di hotel mungkin akan terasa panjang dan melelahkan, namun mungkin anda hanya akan menemukan segelintir orang yang  tidak menikmati pekerjaannya di hotel. Dan inilah alasannya mengapa bekerja di hotel itu...Keren!

1.Bisa Membuat Orang Lain Bahagia

Tak peduli apakah anda seorang Concierge di hotel atau seorang steward yang bekerja 'di balik layar' ataupun bagian management yang setiap harinya ngantor  di bagian back office, setiap kali anda bekerja, secara langsung atau tidak, pekerjaan anda adalah membuat orang lain bahagia. Bekerja di hotel artinya anda bekerja untuk melayani tamu. Dan goal dari pelayanan itu sendiri adalah jika tamu senang dengan pelayanan yang kita berikan.(Bagi yang belum tahu apa itu concierge, bisa cari tahu di sini. Untuk steward, bisa klik di sini)
NB: Sekalian nambahin pahala kan kalo bisa membuat orang lain senang?

2. Kreatif

Karena bekerja di sektor dimana orientasinya adalah kepuasan tamu, bekerja dihotel artinya anda dituntut untuk menjadi kreatif. Anda harus menciptakan produk-produk baru, entah itu berupa makanan, minuman, atau layanan, dan hal-hal baru selalu tercipta seiring dengan perkembangan tuntutan pelayanan yang tujuan utamanya lagi-lagi, untuk membahagiakan tamu. Kalau dalam hal makanan dan minuman, chef biasanya selalu punya menu baru dalam periode tertentu. Pelayanan kreatif misalnya ketika check in, dari paspor tamu receptionist tahu tanggal lahir tamu dan menyiapkan birthday surprise. Antar kuenya ketika tamu selesai breakfast, ambil photo, lalu di print. Masukkan ke bingkai photo dan kasih tamu ketika check out sebagai souvenir. Dijamin si tamu bakalan pasang muka 'ooo.. sweet!' saking terharunya.

3.Membuka Pintu Dunia

Setiap negara di dunia pasti punya bisnis di bidang perhotelan, dan ketrampilan anda di dunia perhotelan ini bisa diaplikasikan di hotel manapun di dunia, yang artinya karir di dunia perhotelan tidak akan mentok di satu negara saja. Jika kebetulan anda sekarang ini bekerja di hotel yang memiliki jaringan internasional, maka kemungkinan untuk bekerja di negara manapun terbuka lebar untuk anda. Bagi yang bekerja di hotel kecil, tak perlu berkecil hati. Di era modern dimana internet sudah menjadi salah satu kebutuhan primer, banyak ditemukan situs-situs pencari kerja global, seperti catererglobal.com, isearch.com, dan sebagainya.

4.Tidak ada Alasan untuk jadi Bosan.

Kerja di hotel adalah salah satu pekerjaan paling dinamis yang selalu bertemu orang baru setiap harinya. Bosan di receptionis? Pindah ke concierge, atau reservasi, atau sales. Bagaimana dengan yang bekerja di belakang layar, seperti area dapur? Banyak juga kok variasinya. Bosan di bagian hot kitchen, bisa pindah ke bagian pastry, cold kithen, atau butcher. Di hotel tertentu ada rolling section yang mengharuskan karyawannya pindah section dalam periode tertentu. Kerja dimana lagi hayo yang bisa pindah-pindah section seperti ini?

5. Mudah 'naik pangkat'

Hotel adalah salah satu tempat kerja yang 'turn over'nya tinggi. Artinya banyak sekali karyawan yang keluar masuk karena kompetisi dan kesempatan yang luas di luar sana. Dengan banyaknya turn over tersebut, kebanyakan hotel lebih memilih mengangkat karyawan lama ke posisi selanjutnya daripada merekrut orang baru yang artinya masih membutuhkan waktu untuk adaptasi dan training.Tak heran, banyak staff hotel di luar sana yang awalnya hanya trainee, dan kurang dari 10 tahun bekerja di hotel sudah menjadi manager (atau minimal supervisor).

6.Bukan Orang Kantoran Yang jam Kerjanya dari Jam 9 ke Jam 5

Jika anda seseorang yang menyukai keterikatan dengan apa yang dinamakan rutinitas, bangun di jam yang sama setiap hari, sarapan, menghadapi macet saat berangkat kantor, dan pulang di jam-jam macet pula, maka berkerja di hotel tidaklah cocok. Sebaliknya, kerja di hotel dengan sistem shifting enaknya setiap harinya selalu berbeda, kadang bisa menikmati sunset, kadang bisa santai sarapan tanpa harus buru-buru, dan kadang-kadang bisa molor seharian karena dapat shift sore.

7. Tak Perlu Gelar Berbelit

Tidak seperti pegawai negeri yang gajinya tak seberapa, musti sarjana atau master, banyak sogokannya tapi tesnya ampun ampun lulusnya, kerja di hotel tidak banyak membutuhkan pendidikan formal yang berbelit. Pendidikan dasar pengetahuan perhotelan memang sangat diperlukan sebagai bekal awal, namun ketrampilanlah yang nantinya akan sangat menentukan kualitas. Itu sebabnya, setiap lembaga pendidikan perhotelan pasti mensyaratkan job training sebagai salah satu syarat kelulusan.

8. Kesenangan Lain Lain

(Jujur saya bingung menerjemahkan judul aslinya= Perks artinya tunjangan, tapi yang saya maksud bukan tunjangan seperti yang ada di pikiran anda)
Gimana ya? Kalau and kerja di kantor, hiburannya paling-paling ke karaoke atau makan bareng teman sekantor. Kalau di hotel beda. Setiap bulan akan ada semacam staff party dengan makanan a la hotel dan di hotel-hotel tertentu ada aktifitas outing, pergi ke suatu tempat, party-party dan dibayarin kantor!

9. Lingkungan Kerja Yang Menyenangkan

Di kebanyakan tempat, selalu ada rekan kerja yang tidak menyenangkan, dan selalu ada satu atau dua yang juteknya setengah mati. Kabar baiknya, di hotel bakalan jarang yang seperti itu. Mengapa? Karena staff hotel yang baik adalah staff yang ramah, dan HRD tentu tidak akan merekrut karyawan yang judes. Bayangkan saja jika seorang staff dikomplain tamu dan si staff ngebentak balik ke si tamu? Serem, bukan?

10. Bidang Kerja Yang Aman

Semua orang pasti butuh makanan, minuman, dan tidur, bukan? Maka dari itu, meskipun terjadi krisis ekonomi, bidang perhotelan mungkin akan sedikit terkena dampak, namun akan masih tetap aman dan berkelanjutan. Maksud saya, tidak pernah ada ceritanya tiba-tiba saja hotel A bangkrut, gulung tikar, dan serta merta memecat seluruh karyawannya. Batul tidak?

 
Jadi, tunggu apa lagi? Buruan apply kerja ke hotel!

 Note: Artikel ini adalah artikel terjemahan dengan beberapa gubahan yang disesuaikan; lihat heading judul (Trans). Artikel aslinya bisa dibaca di  sini

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. saya sudah baca buku mbak ... saya suka sekali

    ReplyDelete
  2. What a great article!
    Been living in phuket for 6 months and working as a GSA here!

    ReplyDelete