Cinlok a la Hotel Staff

By Anna - March 23, 2012


Namanya juga kerja di hotel yang harus bertemu dengan banyak orang, terutama pria, baik itu tamu hotel itu sendiri, sesama associate, sampai event organizer yang sedang ada acara di ballroom hotel, kemungkinan cinta lokasi atau ditaksir orang ‘serumah’ itu selalu ada.

Pria pertama yang sial karena harus naksir saya adalah rekan satu department di concierge. Teman saya ini driver hotel yang ditugaskan mangkal di airport untuk menjemput tamu dari airport ke hotel. Karena jam terbangnya banyakan di luar hotel, dia dibekali dengan handphone hotel yang pulsanya ‘unlimited’ untuk tracking posisi selain alasan keamanan. Sebelnya, dia seringnya menyalahgunakan itu pulsa gratisan buat nelpon saya. Dia dengan rajinnya memperhatikan schedule saya dan menelepon saya pas saya lagi off duty. Duh, bener-bener kurang kerjaan! Padahal seringnya telepon dari dia ngomongin hal yang gak penting, semacam, ‘lagi ngapain?’ atau ‘udah makan belum?’. Duh, basi! Suatu hari saya sebel banget sama dia karena dia telepon saya malam-malam padahal schedule saya jumping (dari shift sore dan besoknya harus shift pagi), saya sms ke nomor pribadinya bilang kalau saya gak mau diganggu karena harus istirahat, eh ternyata dibales sama istrinya. Kebetulan! Saya langsung ‘ngadu’ dan sejak itu saya tak pernah diganggu lagi. Ketahuan nih yeeee….!

Pria kedua yang juga sial adalah seorang cowok berondong (iya, saya jauh lebih tuwir dari dia) yang kerja di bagian steward di kantin karyawan. Mulanya saya gak nyadar kalau ini cowok lagi pedekate sama saya. Sampai seorang teman nyelutuk, ‘ini orang kalau kamu lagi makan di kantin kok mesti duduknya deket-deket kamu ya?’ Wew! Ngapain juga nih brondong, pikir saya. Si brondong lalu cengar cengir, basa basi nanyain rekan satu team saya hari ini masuk ato enggak, lalu dia utak atik hapenya minta nomor telepon rekan saya. Saya lalu tanya buat apaan, yang dia jawab dengan ‘mau beli pulsa mbak’. Oh, Ok. Sayapun ngasih karena rekan saya memang nyambi jualan pulsa. Eh, si berondong nyelutuk, ‘kalau nomor hapenya mbak, berapa, ya?’. Entah dapat bisikan darimana, sayapun nyeplos menyebut 031 456 XXX (yang notabene nomor telepon hotel!). Si berondong cengar cengir puas, lalu iseng-iseng telepon itu nomor, ngecek apa nomor yang saya kasih tadi nyambung ato enggak. Ya jelaslah nyambung! Sayapun buru-buru kabur sebelum si brondong menyadari kalau saya nipu dia. Dua hari berselang, saya ketemu dia lagi tapi kali ini mukanya bête banget kaya abis ngeden dua hari. Belum sempat saya tanya, dia complain duluan, ‘mbak ini sombong amat ya? Di sms kok gak pernah bales?’ Wakakakak… saya membatin, justru kalau saya bisa bales itu malahan aneh, lah sejak kapan nomor telepon kantor (nomor hunting lagi!) bisa balesin sms? Sayapun beralasan kalau saya gak ada pulsa, saya minta dia untuk telepon saja dan tidak usah sms. Dia bilang OK, dan saya buru-buru kabur dari TKP. Bukannya saya jahat, saya hanya mau dia tahu kalau nomor yang saya kasih itu nomor hotel (lagian naïf banget yak, sampe nomor telepon tempat kerjanya aja dia gak tahu). Rencanannya, kalau dia sudah tahu saya bakalan bilang gini ke dia, ‘ lah iya kalau mau cari saya bisa hubungi nomor itu, biar langsung disambungkan ke saya’. But he still kept on complaining, and I kept on playing. Hingga suatu hari saya diantar pacar ke tempat kerja di saat dia juga sedang berada di parkiran. Dari pertama noleh, dia gak noleh noleh lagi dan dari air mukanya itu looo.. desperate banget! Diam-diam saya jadi kasian dan berniat meminta maaf, tapi sejak saat itu saya gak pernah lihat dia duduk di dekat meja saya di kantin pas jam makan siang. Dan meski dia masih bekerja di sana, kalau ketemu saya juga dia udah gak nyapa. Ya sutralah!

Satu bulan pertama bekerja di hotel ini, saya dikenalin rekan kerja dengan seorang chef spesialis masakan India yang juga seorang India otentik. Mulanya saya polos ngasih dia nomor telepon saya karena saya pikir, ini chef down to earth banget ya mau berteman dengan associate level underdog macam saya. Saya juga gak suudzon saat dia sering-sering telepon memuji saya, katanya dia nyambung ngomong sama saya, dan bahasa inggris saya bagus. Bencana baru keliatan saat dia kirim sms. Secara separah-parahnya orang India kalau ngomong Inggris sih saya masih bisa ngerti. Lah kalau ditulis? Kacau! Saya sampe pantengin itu sms lama-lama buat tebak-tebak buah manggis kira-kira dia mau ngomong apaan. Udah grammarnya ancur, nulisnya juga ngawur. Belum lagi di bagian akhir dia selalu nulis ‘c u buy’. See you Bye, kali…!

Bencana berikutnya adalah dia ngajakin saya nonton! Wew, saya dengan halus tentu menolak. Secara ketemu dia sekelebatan saja saya sudah nyesek tahan napas. Bukannya kenapa-kenapa, baunya itu looohh…! Apalagi membayangkan harus nonton sama dia, saya kan belum mau kena asma! Sialnya, dasar India yang pedenya lima ratus persen, meski sudah ditolak dia masiiiiihh aja dengan gigih ngajak nonton. Lama-lama kegigihannya berubah jadi terror, lah gimana bukan terror namanya kalau semalaman itu saya disms 86 kali dan ditelpon 120 kali??? Sebabnya sih simple saja, sms dan telpon pertama saya cuekin. Saya juga kaget ternyata si India itu keukeuh sms dan nelpon sampe segitunya. Mulanya saya mau matiin tuh hape tapi takutnya ada emergency call atau sms penting dari teman atau keluarga. So, saya diemin aja itu hape samapai baterenya habis dan mati sendiri karena kehabisan tenaga habis kerja rodi. Besoknya, saya dicegat saat absen fingerprint di basement. Dia yang udah dandan melintir mirip pedangdut tahun 80an, masih pede nungguin saya pulang. Belum juga saya sempat ngomong, si India udah ngajak cabut. Oh God! Sayapun membuat-buat alasan supaya saya tidak harus pergi. Ketika dia masih nyerocos, saya sampai setengah berlari kabur menghindar. Besok dan besoknya lagi, saya sampai nyogok teman buat nganter saya pulang saking takutnya saya dicegat. Huh, kok jadi horror gini ya?  

Saya kira penderitaan saya ditaksir di ‘rumah’ hanya mentok sampai di sini. Ternyata, tidak hanya associate, tapi juga tamu hotel itu sendiri kadang-kadang juga suka ngisengin. Entah mengapa, yang doyan sama saya kok kebanyakan om om bule yang bodinya gede-gede. Atau sekalian orang Jepang tapi yang tuwir banget (padahal saya ngarepnya sama Australian navy yang tinggi-tinggi dan bodinya kotak kotak). Di team saya yang hanya 4 orang, saya satu-satunya yang bermuka Jawa dan berkulit sawo matang. Sisanya, keturunan Chinese dan kulitnya bening-bening. Herannya, orang dengan dua kategori di atas mesti menolak teman saya yang Cina dan selalu memilih saya yang notabene paling item. Rekan saya sampai nyelutuk, mereka kan pengennya yang lokal, gak mau yang import! Haha… Sudah dua kali ini saya diiming-imingi jaguar kalau saya mau kawin sama mereka. Pernah juga saya ‘ditawar’ untuk jadi istri simpanannya selama mereka dinas di Indonesia. ada juga sih yang niatnya ‘bener’, ngawinin saya dan saya diminta pindah ke negaranya. Tapi menikah dengan kakek-kakek? Iiiih, ogah!

Yang paling aneh adalah seorang EO (event organizer) yang kebetulan sedang punya gawe di ballroom hotel tempat saya kerja. Mulanya saya ngobrol-ngobrol ringan dengan si EO, ngomongin hal yang ‘standart-standart’ saja sampai kami nyambung banget ngomongin pengalaman bekpeking. Kamipun bertukar nomor telepon dan merencanakan bekpeking massal ke Jogja dan berencana mengajak teman masing-masing. Eh, sampai di rumah, dia dengan santainya sms, ngajak saya bekpekingan berdua, sambil dibumbui dengan kata-kata rayuan basi. Tanpa pikir panjang, saya hapus nomornya dari telephone list saya saat itu juga!

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Mbak Anna, kok pengalaman kita agak-agak mirip ya.

    Blognya Mbak sukses buat saya betah baca selama jam break nih.

    Salam Hospitality.

    ReplyDelete