Tuesday, 24 December 2019

Mengurus Kitas Sponsor Istri Part 2

Di part 1 (link bisa dilihat di sini http://www.annaswan.com/2019/12/mengurus-kitas-sponsor-istri-part-1.html?m=1)  sudah saya jelaskan mengenai persyaratan yang dibutuhkan untuk memulai proses pembuatan kitas. Jika semua syarat sudah lengkap, kita siap dengan langkah pertama, yaitu mendafatarkan diri sebagai sponsor kitas, dan apply vitas itu sendiri.

Jadi ceritanya, sponsor atau WNI inilah yang akan mengajukan permohonan kitas untuk WNA. Syaratnya hanya KTP, akta lahir dan KK saja. Caranya sbb:
1. Buka website imigrasi Indonesia di www.imigrasi.go.id lalu klik ikon layanan visa online. Nanti akan diarahkan untuk mendaftarkan diri dulu sebagai sponsor.
2. Isi formnya secara lengkap, lalu submit. Tunggu hingga mendapatkan notifikasi melalui email bahwa anda mengajukan diri sebagai sponsor. 
3. Rajin-rajin cek email, dalam 24 jam seharusnya anda akan mendapatkan email notifikasi bahwa permohonan pendaftaran anda telah disetujui. Anda juga akan mendapatkan username dan password untuk bisa masuk dan mengajukan permohonan vitas. 
*saran, gunakan akun gmail supaya lebih mudah menerima email dari imigrasi. Pengalaman ibu-ibu KKC yang menggunakan akun selain gmail, email dari imigrasi tidak masuk dalam 24 jam dan ini akan mempersulit proses.

Langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan vitas. Permohonan bisa dilakukan  selama hari kerja mulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Ada kuota setiap harinya jadi sebaiknya sudah stand by di depan komputer anda sebelum jam 8. Begitu kuota dibuka, langsung bisa mengajukan. Jika kuota habis, maka anda harus menunggu hari berikutnya. 
1. Buka halaman imigrasi, lalu klik layanan visa online. Masukan username dan password yang anda dapatkan dari email imigrasi. 
2. Lalu isi form yang disediakan dan ikuti prosedurnya. Attach juga file di kolom yang telah disediakan. Make sure semua kolom telah terisi, lalu klik submit.
3. Anda akan menerima email pemberitahuan bahwa aplikasi anda telah berhasil dikirimkan dan mendapatkan notifikasi untuk melakukan pembayaran kawat persetujuan visa. Saya menerima email ini sekitar 2 hari setelah saya submit aplikasi.
4. Pembayaran kawat persetujuan visa sebesar  Rp. 100 ribu rupiah bisa dibayarkan di bank mana saja. Tinggal print notifikasi pembayaran dari email dan tunjukkan ke teller bank. Tidak perlu melakukan konfirmasi apapun ke imigrasi ya. Tinggal tunggu saja email selanjutnya.
5. Jika aplikasi anda disetujui, maka anda akan menerima email notifikasi persetujuan kawat visa. Silahkan di print, untuk digunakan dalam langkah selanjutnya. Saya pribadi mendapatkan notifikasi ini dua hari setelah pbayaran. Total waktu yang diperlukanuntuk keseluruhan proses dari submit aplikasi hingga kawat visa disetujui adalah 5 hari kerja.

Selamat! Step pertama sudah berhasil. Sekarang mari melangkah ke step selanjutnya.
Detailnya, saya tulis di post terpisah ya!

No comments:

Post a Comment