Ekspektasi Vs Realita Latar Film Bollywood

By Anna - April 26, 2020

Bagi anda para pecinta film Bollywood pasti pernah memperhatikan latar tempat atau background dimana film tersebut diambil. Saya pribadi sering sekali merasa dimanjakan dengan latar tempat film, terutama saat scene yang ada nyanyi-nya. Dipastikan latarnya jadi tambah indah apalagi ceritanya nyanyi-nyanyi itu pas lagi happy atau jatuh cinta. Widiw, kebanyakan akan ada adegan muterin pohon di suatu tempat yang indahhh banget! Dasar Bollywood, kalau dalam hal ini saya akui penggambarannya memang kadang sangat lebay.

Tak jarang, scene khusus nyanyi ini diambil di tempat wisata eksotis, yang bahkan tak ada hubungannya dengan isi film secara keseluruhan. Sebut saja lagu ‘Suraj Hua Maddham’ dari film Kabhi Kushi Kabhi Gham. Scene lagu ini tokohnya latarnya di India, eh tapi karena hatinya sedang berbunga-bunga, jadilah ia membayangkan dirinya sedang memadu kasih di Piramida agung, Giza, Mesir!!! Hadoh, luar biasa sekali ya penggambarannya. Sumpah membuat saya iri setengah mati! Apalagi di scene, tidak ada seorang turispun berlalu lalang. Ya tahu sih, itu editingnya bagus, karena tidak mungkin one of world’s 7 wonders tidak ada turisnya. Saya jadi berangan-angan, kapan ya bisa berkunjung ke Giza? Suami pernah cerita, jaman dia masih kuliah dulu pernah ke Giza tapi kapok kesana lagi karena keadaan toilet yang ‘Oh My God jorok banget’. Dia cerita di toilet bandara, orang Mesir menggunakan semacam tambang yang digantung di langit-langit untuk membersihkan area vital setelah ke toilet. Hiiii! Tapi entah sekarang ya, karena dia ke Giza sudah lebih dari 20 tahun yang lalu. Oh ya, berikut ini screenshot dari scene Suraj Hua Maddham yang saya maksud tadi. Bikin iri, bukan?


*All photo credit: Youtube

Contoh film selanjutnya adalah Dilwale. Di salah satu adegan nyanyi yang berjudul ‘Gerua’ saya sangat terpesona dengan keindahan lanscape backgroundnya. Saya sampai ulang-ulang video itu hanya untuk memandangi pemandangannya yang indah dan terlihat romantis abis, lagi-lagi tanpa seorangpun di situ selain aktor dan aktrisnya.





Berdasarkan hasil pencarian informasi di sana-sini, ternyata Gerua diambil di Iceland. Waahhh, berhubung saya paling ga bisa lihat yang cakep-cakep begini dan disimpan sendiri, saya langsung video call suami. (Fyi, kami sedang LDR saat ini, dia di Sydney, saya di Bali). Saat saya menggebu-gebu mengatakan bahwa Iceland itu cantik banget dan must visit at least once in a lifetime, jawaban dia membuat saya kecewa. “It is cold, nothing there, and hot water smells like rotten egg. Watch Nas Daily’s video and you’ll understand.”

Soal Nas, saya pernah nonton videonya sih tentang Iceland, sayangnya Nas tidak bicara banyak mengenai lanscape. Jadi, sayapun googling seperti apa penampakan sebenarnya tempat-tempat di Iceland ini, salah satunya dari sebuah video di Youtube. Kesan yang saya dapatkan? Dinginnnn!!! Dan ternyata video Gerua itu sudah mendapatkan banyak sekali efek CGI  sehingga hasil setelah editing menjadi begitu indahnya. Oh ya, karena Gerua, Iceland menjadi lebih dikenal dan jadi diburu turis. Kerennya, pariwisata Iceland memanfaatkan hal ini sampai-sampai memaparkan dengan detail lokasi-lokasi Gerua lengkap beserta panduan dos and don’ts. Lengkapnya bisa dibaca di sini

Ya iyalah banyak editingnya. Ya kali di tempat penuh es dekat dengan kutub utara seperti ini bisa-bisanya Kajol dan Shahrukh Khan pakai baju summer style. Brrrrr!!!!

Meski lebay dan kadang rada-rada tidak masuk akal, saya akui saya salut karena industri perfilman Bollywood mampu mengeluarkan budget yang tinggi untuk bisa syuting di lokasi-lokasi mahal seperti itu. Saya juga salut dengan aktor dan aktrisnya yang sangat professional, meski realitanya pasti dingin sekali berdiri di atas iceberg atau berendam di lagoon yang berbatasan langsung dengan laut Atlantik, Shahrukh Khan idola saya itu tidak sedikitpun terlihat kedinginan. Ah, saya jadi semakin tergila-gila dengan Shahrukh Khan!!!

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Hahaha Iceland cantik kok, one in a million menurutku :)

    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Eva, terimakasih sudah mampir. Black sand beach dan blue ice lagoon di Iceland itu cantik banget, saya setuju. Iceland masih di bucket list kok, would love to visit one day for sure!

      Delete