Bule oh bule...

By Anna - August 03, 2013


Pertama kali terjun di dunia perhotelan dan mengenal banyak orang dari berbagai belahan dunia, saya jadi tahu sedikit banyak mengenai banyak perbedaan budaya kita dengan budaya barat. Saya sedikit terkena apa yang namanya culture shock. Dan setelah sekian tahun saya berteman dengan mereka, saya jadi semakin banyak tahu perbedaan itu. kadang kadang, malah lucu dan aneh karena tidak terbiasa. 

1. Sms
Orang kita kalau pergi kemana mana kan selalu pamit, dan kalau sudah sampai di tempat tujuan (maksud saya yang tujuannya jauh, seperti ke luar kota atau bahkan ke luar negeri begitu) selalu sms, mengabari yang di rumah atau teman dekat, bahwa kita sudah sampai di tujuan dengan selamat sejahtera tidak kurang suatu apa. kalau yang pergi cewek, jangan harap isi smsnya akan sesingkat itu. Hehehe... Orang bule? Kalo yang pergi pergi orang bule, jarang tuh ada yang sms keluarganya apalagi nelpon begitu sampai tujuan. Di budaya mereka, kalau sms atau telepon itu artinya ada emergency situation sehingga yang dikabarin akan langsung panik ketika di sms atau ditelpon. Pernah, saking gak tahunya, saya memaksa satuteman bule saya untuk sms minimal satu keluarganya supaya keluarganya tidak khawatir. Pakai saya bela2in beliin simcard dan isi ulang pulak! eh, si bule malah melototin saya dan bilang,"if i call them, they will question me back, what's wrong with you? you are okay then why you call me?" 
Saya jadi ngerti deh kenapa bule jarang banget yang memprioritaskan beli sim card begitu sampai negara tujuan. Sebaliknya, kebalikannya di budaya kita, saya bahkan sering sebel dengan beberapa penumpang pesawat penerbangan lokal yang masih asyik teleponan padahal udah mau boarding, lebih sebel lagi mendengar obrolannya ditelepon yang kurang lebih cuma pamitan mau boarding doang. Duuuhh....

2. Oleh oleh
Kalau budaya yang satu ini saya sangat lebih setuju dengan budaya barat ketimbang budaya kita sendiri. Pernah tidak, kalau mau pergi pelesiran kemana mana, suka dimintain oleh oleh? Dulu pas saya masih jarang pergi pergi sih saya ok ok saja dititipin oleholeh begitu. pas saya sudah mulai suka jalan sendiri, saya kok jadi mulai risih karena harus ngurusin oleh oleh sebagai slah satu to do list. budaya oleh oleh ini, bagi saya sangat memberatkan dan merepotkan. bayangin, sya harus rela meluangkan waktu saya yang memang sudah terbatas untuk pergi ke tempat belanja oleh oleh (padahal saya tidak enjoy belanja belanja), meluangkan energidan kocek extra. belum lagi repot harus bawa itu oleh oleh ke hotel, lalu menjejalkan semene-mena ke dalam koper yang spacenya terbatas. lebih sebel lagi, kalo nyampe bandara dan ternyata ituoleh oleh membuat baggage kita overweight dan kita harus bayar kelebihan bagasi pulak? wadoooowwww...
Kalau harus membandingkan dengan budaya barat, jarang tuh ada bule yang beli bagasi lagi karena bagasinya beranak pinak karena oleh oleh yang bejibun. Saya jarang sekali ketemu bule yang kalap matanya liat pernak pernik cantik, hunting di butikterkenal, dan beli perabotan berat saat travelling. Kalopun mereka harus beli baju, itu karena mereka butuh. Beli pernak pernik seperti aksesoris kerang lucu,ya memang untuk langsung dipake, bukan beli grosiran seperti orang kita yang nantinya itu barang dibagi bagiin ke sanak sodara dan teman teman (serta sebagian lagi dijual, hehehe). 
Yang unik, pas suatuhari saya jalan bareng slah satu teman bule saya ke negara tetangga, saya bela-belain beliin oleh oleh dan diam diam saya selipkan di kopernya. Maksud saya sih buat surprise sekaligus gift buat teman dia di ozzie yang juga sekaligus berteman baik dengan saya. Eh, gaktaunya saya ketahuan dan malah dimarahin samateman saya. Katanya ostralian gak punya budaya beliin oleh-oleh. Belum lagi sampai bandara pasti suka diinterogasi sama custom, n belum tentu diijinkan.Lagian kalopun misal dibeliin, pemberian itu tidak akan dihargai. Lanjut dia, orang sono lebih "appreciate" dengan pemberian yang lebih berupa "perbuatan" dan bukan barang. Nah lo, kebalik gak sih sama budaya orang kita?

3. Eksotika kulit cokelat
Kalau yang ini mungkin sudah banyak yang tahu, kalau bule tuh tergila gila dengan kulit cokelat yang gosong gosong eksotik. Mereka bahkan rela merogoh kocek hingga ribuan dollar untuk mendapatkan kulit gosong yang mereka idam idamkan. Sebaliknya, saya malah mati2an membuat kulit saya menjadi lebih putih, memakai lotion hingga spf 50++ yang harganya ratusan ribu hanya demi kulit yang saya harap tidak bertambah gelap. Jadilah saat saya ikut tour ke Nusa Lembongan, saat mereka sibuk berjemur hanya dengan bikini, saya juga sibuk berjemur dan menutupi tubuh saya dengan handuk tebal yang telah lebih dulu dibagikan panitia kepada seluruh peserta tour, padahal saya sudah pakai baju diving yang tebal!

4. Blak blakan
Pas perjalanan pulang dari lembongan, mobil yang kami tumpangi mengenai jalan berbatu dan bergelombang. Si bule cewekyang berada di kursi paling belakang terkejut karena bikini two piecesya melorot bagian atasnya karena kelebihan muatan dan dengan lantangnya bilang "Wooooo... I need a sport bra! Hahahaha...!" Padahal dia cewek sendiri sedangkan kiri kanannya cowok semua!

5. Orang bule banyak duit?
Kalau saya lagi jalan sama teman bule saya, sering banget saya di cap "ayam". Orang kita mikirnya bule banyak duitnya sehingga orang dengan tampang lokal deket sama mereka pasti dikira cuma ayam yang mau morotin duit mereka. Bukan saya membantah kalo orang bule duitnya banyak. Tapi duit banyak bukan berarti mereka kaya loh. Orang sono kerja 1jam dibayar AUD$15 (acuan= Australia 2012) yang kalau sekarang di kurskan ke mata uang kita udah Rp.156.000! Saya yang orang hotel saja kerja seharian gak dapet loh duit segitu. Nah, dari acuan ini saja sudah ketahuan kan, mereka banyak banyak duitnya dari mana?ya dari jatohnya mata uang negara kita. Lah jangan dikira duit segitu banyak buat mereka, liat dulu dong living cost di negaranya. Sebagai perbandingan, makan siang paling murah harganya 10 dolaran. Bandingin dengan cost of living di Surabaya. Main gih ke food court di mall. Masih banyak tuh nasi goreng harga sepuluh ribuan. Ato kalo mau lebih murah, makan aja di kaki lima. Sepuluh ribu itu udah dapet sepiring makan siang full lauk dan sudah termasuk minum, masih kembalian lagi! Masih gak percaya kalo gak semua bule itu borju ? Main aja ke Kuta, banyak tuh bule yang tinggalnya di kos kosan di gang Poppies lane. Bukan kere sih, mungkin mereka menganutpaham "the cheaper the better". Kalo adayang murah kenapa enggak? Sebaliknya ada juga yang langsung kaget dengan murahnya harga di negara kita sehingga mereka jadi sok borju. See?

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Blak blakan dan selalu sms mengabari yang di rumah tuh yang aku seneng patut dijadikan contoh sama orang2 kita..
    salam kenal dari Didah admin Tempat Wisata di Jawa Barat

    ReplyDelete