Friday, 20 December 2019

Sunset

Asyiknya kerja di hotel itu salah satunya adalah menambah wawasan setiap hari. Tambahan wawasan seringnya saya temukan tidak sengaja, seperti saat sedang mengobrol dengan tamu.

Misalnya, pengetahuan baru saya mengenai sunset, yang baru saya ketahui sekitar 6 tahun yang lalu.

Seumur hidup tinggal di negara tropis, saya taunya matahari terbit sekitar jam 6 pagi, dan terbenam sekitar jam 6 sore. Hingga waktu saya kerja di hotel di Bali, saya mendapatkan banyak pertanyaan seperti ini:
“What time is sunset?”
Saya merasa pertanyaan itu aneh and I feel like saying, “jam 6-an lah keleus!”
Tentu saja dalem hati ya, karena saya hotelier yang baik, saya tetep jawab sopan meski dalam hati asli ngegas. Eh tapi serius, masa gitu aja ga tau?

Not so long after, saya menemukan jawabannya secara tidak sengaja. Dan tetiba merasa bersalah karena ngegas sama tamu (meskipun ngegasnya dalam hati), dan merasa bodoh, for not knowing bahwa banyak negara-negara nun jauh di sana memiliki jam sunset yang berbeda-beda. Di negara yang jauh dari khatulistiwa, sunset bisa telat banget datengnya (memangnya cuma bulan saja yang datengnya telat? *nyengir). Like, jam 10 malem. What? Iya, jam 10 malam, matahari baru tenggelam. Take a sample, misalnya di Inggris.

Suatu hari, temen suami dan keluarganya datang dari Reading, Inggris ke Bali. Sebagai sahabat lama yang baik, kami menemani mereka jalan-jalan dan ended up menikmati seafood dinner di Jimbaran. Kami para sesepuh (baca: orang tua) sibuk bercengkerama di meja restoran berlantai pasir di pinggir pantai, sedangkan anak-anak sibuk main air. Tak terasa hari menjadi gelap, pelayan restaurant membawakan hidangan yang kami pesan. Tiba-tiba, salah satu anak teman suami bertanya, “ Auntie, what time is it? Looks it is already late but I’m not feeling hungry yet!”
Saya tertawa. Baru jam 7 loh, kok dibilang sudah larut malam. Piye toh?
“ 7? Really? If it is in the UK, on summer it feels like at least 10PM. Sunset is around 10 at the moment.”

Saya tergagap. Dan jadi teringat tamu-tamu yang pernah saya sepelekan karena nanya sunset jam berapa. Ah bodohnya.


Fast forward ke waktu sekarang ya. Masih tentang sunset, saya pernah hampir salah paham. Saat ini saya dan suami sedang LDR, dia di Sydney, saya masih di Bali. One day, dia bilang akan pergi ke Harbour bridge dan sempat mengabari saya via Whatsapp, sekitar jam 7 malam. Pulangnya, dia Whatsapp foto-foto sekitaran harbour bridge dan Sydney Opera house dan masih terang. Saya sempat curiga foto-foto tersebut diambil sebelum hari itu karena masih terang, harusnya jam 7 sudah gelap, kan? Tapi saya tak menemukan alasan mengapa dia harus berbohong. Malamnya tidak sengaja saya cek accu weather untuk melihat cuaca esok di Sydney yang dikabarkan smoky karena bushfire. Disitu terlihat sunset jam 8.10 malam. Oppps! Bodohnya saya. Untung saja saya belum konfrontasi ke suami dan ngeyelin dia. 

No comments:

Post a Comment